PT Lambang Sejati
Home / Blog Detail

Blog Detail

Dekorasi Lampu Gantung Dari Sedotan

Oleh : Dewi Ayu | Tanggal 2020-10-21 11:12:43

realestate

Berikut ini DIY membuat kerajinan tangan dari sedotan yang mudah dibuat yaitu kreasi hiasan lampu gantung. Ada macam-macam kerajinan tangan dari sedotan plastik yang sudah banyak kita temui di luar sana. Sedotan sendiri ada berbagai jenis yang bisa dipakai. Seperti misalnya sedotan plastik, sedotan kecil, sedotan es, sedotan aqua gelas, sedotan motif, dll. Macam produk hasil dari kreasi kerajinan tangan dari barang bekas khususnya sedotan bekas pun ada berbagai macam jenisnya. Seperti misalnya taplak meja, gantungan kunci, tirai, hiasan dinding, dll.

Dari aneka kerajinan tangan dari sedotan kecil yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan tersebut tentu saja ada sebagian atau beberapa yang membuat kita tertarik untuk memilikinya. Kemudian kita akan membelinya di toko yang menjual aneka kerajinan, agar bisa kita pasang di rumah sebagai hiasan rumah untuk mempercantik ruangan.

Setelah melihat berbagai video cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang sederhana yang sangat banyak betebaran di internet, membuat sebagaian dari kita ingin membuatnya sendiri. Nah pada kesempatan kali ini kita akan sedikit berbagi tips singkat kerajinan tangan dari sedotan dan cara pembuatannya, yaitu berupa dekorasi lampu gantung unik.


Source : http://www.pearlsandscissors.com/2015/02/diy-geometric-pendant-light-fixture/

Dekorasi lampu gantung yang akan kita buat sebagai contoh ini berbentuk bangun geometri segi enam berukuran sedang. Bahan yang kita butuhkan kali ini yaitu beberapa buah sedotan plastik, kawat, sedikit kain flanel, tang potong, dan juga gunting.

Mari kita mulai saja tutorial singkat cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang sederhana berupa kreasi hiasan lampu gantung unik ini :

Sebelum memulai, terlebih dahulu kita siapkan dahulu semua alat dan bahannya. Seperti sedotan plastik dengan warna sesuai selera, kawat, kain flanel dengan warna yang senada dengan warna sedotan, guting, dan tang potong.

Langkah pertama, potong semua sedotan yang telah disiapkan dengan ukuran sesuai selera. Karena kali ini kita akan membuat bangun geometri segi enam, maka ukuran potongan dan juga jumlah potongan sedotannya akan disesuaikan. Kali ini kita membutuhkan 18 buah sedotan panjang, 12 buah sedotan sedang (½ ukuran sedotan panjang), dan 12 sedotan pendek (¼ ukuran sedotan panjang).

Berikutnya susunlah potongan sedotan membentuk bagian-bagian bangun segi enam. Untuk membantu menyambung potongan sedotannya, gunakan kawat dengan cara dimasukkan ke dalam sedotan lalu dirangkai. Ukuran potongan harus setepat mungkin. Lihat gambar di atas.
 

Rangkai terus semua bagian sedotannya seperti terlihat pada gambar. Oh iya, gambar sedotan warna-warni di atas dibuat sebagai contoh terlebih dahulu sebelum memasang sedotan yang sebenarnya (hitam), agar tidak salah memasang. Jika anda sudah yakin bisa merangkai dengan tepat maka anda tidak perlu membuat sedotan contoh terlebih dahulu.

Oh iya, usahakan ukuran segi enamnya sesuai dengan ukuran fitting lampu yang akan digunakan ya, agar pas. Bagian merangkai ini sedikit sulit dan membutuhkan ketelitian, terutama saat menyambungkan dengan kawat.

Jika semua potongan sedotan telah disambung dan membentuk bangun segi enam, maka hasilnya akan seperti gambar kiri atas.

Nah sekarang siapkan kain flanel berwarna hitam. Potongan kain flanel ini gunanya untuk menutupi kawat yang ada di dalam sedotan, dan juga sekaligus sebagai penguat bangun segi enamnya agar dapat berdiri tegak dan tidak meleyot.

Buatlah sejumlah 12 buah potongan kain flanel dengan bentuk silang (tanda plus) lebarnya kira-kira seukuran sedotan dengan panjang sekitar 1-2cm.

Buat pula sejumlah 12 buah potongan kain flanel lainnya dengan bentuk huruf T dengan ukuran yang sama.

Lalu masukkan 12 buah potongan kain flanel yang berbentuk silang ke dalam setiap pertemuan (persilangan) 4 buah sedotan.

Lakukan hal yang sama dengan 12 buah potongan kain flanel lainnya yang berbentuk huruf T.

Setelah selesai semua, yang terakhir adalah memasangkan dekorasi kerajinan tangan dari sedotan ini pada fitting lampu gantung anda.

Nah, hiasan gantung dari sedotan plastik berupa dekorasi lampu gantungnya sudah jadi dan siap digunakan, bagus bukan? Oh iya, anda juga bisa mengecatnya dengan menggunakan cat semprot dengan warna sesuai selera. Baiklah sekarang anda bisa berkreasi dengan membuat kerajinan tangan dari sedotan ini dengan warna lainnya, selamat mencoba!