PT Lambang Sejati
Home / Blog Detail

Blog Detail

DIY: Batu Lukis Motif Kaktus

Oleh : Dewi Ayu | Tanggal 2020-10-27 05:28:29

realestate

Salah satu contoh kerajinan tangan unik dan cara membuatnya yang mudah adalah batu lukis. Batu lukis adalah salah satu seni kreasi kerajinan tangan yang sudah cukup banyak dikenal luas. Selain karena bahan dasar pembuatannya yang sangat gampang didapatkan, biaya pembuatannya pun cukup murah. Hanya diperlukan batu kali aneka bentuk dan ukuran sebagai bahan utamanya. Dan batu kali tentu saja bisa kita dapatkan dengan sangat mudah di sekitar kita.

Nah, kali inipun kita akan sedikit berbagi sedikit tips cara membuat kerajinan tangan unik dan menarik dan mudah dibuat. Kita akan membuat lukisan di atas batu khususnya batu kali. Sebenarnya seni lukis batu inipun ada banyak sekali macam kreasinya. Contoh lukisan batu ini misalnya lukisan bentuk binatang, wajah manusia, tribal, abstrak, tanaman, dsb. Dan pada artikel ini kita akan berbagi tutorial kerajinan tangan unik dan cara membuatnya beserta gambarnya yang sangat mudah.

Tutorial Kerajinan Tangan Unik Dan Cara Membuatnya | Kaktus Mini Dari Batu Lukis


Berikut ini tutorial kerajinan tangan unik dan cara membuatnya yaitu berupa aneka bunga kaktus mini lucu yang terbuat dari batu lukis :

Alat & bahan :

  • Batu kali aneka bentuk & ukuran
  • Pot bunga mini
  • Media tanam atau kerikil
  • Kuas lukis kecil
  • Cat

Langkah pertama siapkan dahulu semua bahan dan alat yang akan digunakan. Seperti batu kali aneka bentuk dan ukuran, beberapa buah pot mini, media tanam buatan  atau bisa juga diganti dengan pasir atau kerikil. Lalu siapkan juga kuas lukis dan juga beberapa cat warna hijau dan putih.

Selanjutnya proses pertama adalah mencuci semua batu kali yang akan digunakan, lalu keringkan. Usahakan agar batu yang akan dilukis benar-benar bersih dari kotoran dan debu. Siapkan juga cat warna hijau. Anda bisa menggunakan beberapa macam warna hijau dari mulai hijau muda sampai dengan hijau tua.
 

Kemudain warnai batu kali dengan aneka warna hijau. Anda bisa menerapkan gradasi warna hijau sampai hijau kekuningan. Tunggu hingga cat mengering.


 

Setelah batu dicat warna hijau, hiaslah batu hijau tersebut dengan hiasan duri kaktus dengan cat warna putih seperti pada gambar. Biarkan kering sebentar, lalu siapkan pot bunganya berikut dengan media tanamnya.

Isilah pot bunganya dengan media tanam dan letakkan juga kaktus batu lukis yang sudah jadi ke dalamnya. Atur dan tata sedemikian rupa agar tampak bagus dan menarik.

Nah contoh kerajinan tangan dari batu dan cara membuatnya sudah selesai dan bisa diletakkan sebagai hiasan ruangan. Sekarang silahkan anda coba sendiri tutorial kerajinan tangan unik dan cara membuatnya seperti di atas, selamat mencoba!