PT Lambang Sejati
Home / Blog Detail

Blog Detail

Pengajuan KPR? Begini Tahapan dari Awal Hingga Kredit Disetujui Bank

Oleh : Ayu Dewa | Tanggal 2020-10-27 05:38:12

realestate

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah menjadi salah satu solusi bagi kamu yang ingin memiliki rumah idaman.

Pasalnya, banyak orang yang masih belum mampu membeli rumah secara tunai mengingat harga tanah yang terus naik.

Menurut Bank Indonesia, kamu hanya perlu menyediakan uang muka sebesar 30 persen dari nilai rumah dan sisanya akan digenapi oleh bank melalui KPR

Namun sebelum kamu membeli rumah lewat KPR, ada beberapa dana yang juga harus kamu siapkan. Biaya apa saja itu? Simak selengkapnya di sini.

1. Biaya tanda jadi

 

Sebelum kamu membayar uang kamu, biasanya pihak developer akan meminta kamu untuk membayar biaya tanda jadi sebagai tanda memesan unit rumah.

Biaya tanda jadi ini nyatanya gak hanya berlaku untuk rumah baru, tapi juga untuk rumah bekas tapi kalau kamu membeli rumah itu lewat perantara.

2. Uang muka

Biaya lain yang harus kamu siapkan selanjutnya tentu saja uang muka yang harus kamu lunasi setelah mencapai akad kredit dengan bank dan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) di notaris.

Perlu diketahui kalau SPJB ini merupakan tanda bukti pelunasan uang muka saat akad kredit.

3. Biaya notaris untuk mengikat kredit dan sertifikat tanah

Biaya notaris bertujuan untuk mengikat kredit dan juga sertifikat tanah. Tapi gak cuma itu aja, biaya ini juga mencakup balik nama sertifikat tanah dan dokumen lain yang berkaitan dengan rumah.

Untuk biaya itu sendiri tergantung dengan kebijakan masing-masing notaris. Namun umumnya, kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 5 juta.

4. Biaya asuransi

 

Jika pengajuan KPR telah disetujui oleh pihak bank, biasanya akan ada biaya asuransi. Untuk besaran biayanya pun tergantung masing-masing bank. Tapi rata-rata adalah sekitar 1 persen dari nilai pinjaman.

Namun selain itu sebaiknya kamu menyiapkan dana juga untuk asuransi jiwa dan juga kebakaran.

Itu dia beberapa biaya yang harus kamu siapkan sejak awal saat berniat membeli rumah dengan KPR