PT Lambang Sejati
Home / Blog Detail

Blog Detail

Inspirasi Desain Dapur Mungil dan Minimalis

Oleh : Dewi Ayu | Tanggal 2020-10-27 05:46:24

realestate

Memiliki area dapur yang kecil sering kali menjadi masalah sehingga membutuhkan desain yang tepat agar semua area bisa digunakan secara efektif. 
Sirkulasi gerak juga menjadi terbatas jika dapur tidak dirancang sedemikian rupa. Hal penting yang perlu diketahui sebelum merancang dapur adalah menentukan jenis kitchen work triangle yang akan digunakan.

1. U-Shaped / Letter U Kitchen 

Merupakan dapur yang membentuk huruf U. Pada tipe ini, dapur ditempatkan di dua sudut yang berdampingan yaitu dengan memanfaatkan tiga sisi dinding sekaligus. Biasanya, U-Shaped tidak hanya memiliki dapur kotor dan dapur bersih, tetapi juga mini bar sehinggadapur terkesan lebih glamour dan elegan. Selain itu, dengan U-ShapedKitchen,Anda juga akan mendapatkan storageatau area penyimpananyang lebih besar. Namun demikian, dapur jenis ini membutuhkan lahan yang lebih luas daripada model yang lain

2. L-Shaped / Letter L Kitchen 

Dapur yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk huruf LSama seperti Single Line, dapur kotor dan dapur bersih pada L-Shaped juga disatukan dalam tempat yang sama. Namun, L-Shaped sedikit berbeda karena kedua sisinya membentuk siku.Tipe iniadalahbasicmodel dapur dari masa ke masa.L-Shaped Kitchen sendiri cocok untuk semua tipe lahan. Apalagi dengan adanya ruang mati (bagian sudut), Anda akan mendapatkan “extra space” untuk meletakkan perabot dapur Anda. Namun, kini desain dapur jenisL-Shapedmulai tergantikan sejak desain dapur tipe “I” Line dan Galley kitchen mulai dikenal.

3. Stright Kitchen / “I” Line Kitchen 

Merupakan tipe dapur dengan bentuk satu garis linear. Pada tipe ini, dapur kotor dan dapur bersih disatukan dalam tempat yang sama.Karena tidak menggunakan banyak lahan, Stright Kitchenini cocok diaplikasikan pada rumah tinggal dengan lahan terbatas termasuk apartemen tipe studio. Namun, Anda harus ekstra cermat dalam menata dapur tipe ini agar aktifitas memasak tetap efektif dan efesien.

4. Parallel Kitchen 


Merupakan dapur yang menyerupai sebuah kotak namun terpisah antara satu dengan yang lainnya. Tampilan Parallel Kitchen memang sedikit complicated, namun dengan lebih banyaknya ruang mati, Anda akan mendapatkan storage yang lebih luas pula. Sama halnya dengan U-Shape, Anda

5. Island 

Island adalah meja tambahan yang ditempatkan pada salah satu bagian dapur, dekat dengan main table.Fungsi Island adalah sebagai second table. Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan sebelum memasak di Island ini. Atau jika Anda ingin lebih “ringkas”, Anda dapat menjadikan Island sebagai meja saji sekaligus tempat makan juga. Namun demikian, tidak semua main table cocok dipadukan dengan Island. Biasanya, main table yang dikombinasikan dengan Island adalah L-Shaped atau U-Shaped Kitchen.