PT Lambang Sejati
Home / Blog Detail

Blog Detail

Tips Meronovasi Rumah Dengan Tipe Kopel

Oleh : Dewi Ayu | Tanggal 2020-10-21 10:28:05

realestate

Perhitungan biaya

Rumah kopel bisa menimbulkan permasalahan. Mulai dari minimnya sinar matahari, kondisi ruangan yang pengap, sukar untuk dikembangkan, suara tetangga sebelah yang berisik, hingga tampilan yang sesak dan sempit. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan renovasi ulang.

Perlu diingat, merenovasi rumah kopel bukan perkara gampang. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan tetangga karena Anda berbagi atap dan tembok dengan tetangga Anda.

Kontraktor dan Konsultan Rumah Tinggal, Ir. Alfian Amran, mengungkap bahwa sangat mungkin rumah kopel direnovasi menjadi konsep baru yang diinginkan. Tetapi hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah biaya renovasi.

“Contoh untuk rumah tipe 42 (luas bangunan rumah), perhitungan kasar biaya perbaikan penuh termasuk ongkos tukang sekitar Rp2,5 juta per meter persegi. Jadi totalnya adalah 42M2 X Rp2,5 juta = Rp105 juta,” tuturnya.

Tips renovasi

Sebelum menentukan konsep baru yang didambakan dari sebuah rumah yang awalnya menerapkan sistem kopel, Alfian menuturkan beberapa tips renovasi yang perlu diperhatikan.

Pertama, pilih bentuk atap yang sesuai. Karena hal ini akan mempengaruhi jarak antara plafon dan genteng yang akhirnya berpengaruh juga terhadap pasokan sinar matahari serta sirkulasi udara. Beri jarak yang lebar agar sinar matahari tidak langsung mengenai bangunan.

Kedua, jangan habiskan lahan yang ada untuk bangunan. Sisakan setidaknya 2×2 meter untuk area terbuka sebagai sumber cahaya alami bagi penghuni rumah. Proporsi standar minimal adalah 70:30 untuk bangunan dan ruang terbuka.

Terakhir, buat teras kecil di dalam ruangan guna menjamin kelancaran sirkulasi udara. Maksimalkan juga bukaan pada jendela dan sisi dalam rumah, dengan pengaplikasian jendela vertikal dan bukaan transparan di atap rumah.
Sumber (https://economy.okezone.com)