PT Lambang Sejati
Home / Blog Detail

Blog Detail

6 Trik Agar Rumah Mungil Terlihat Luas

Oleh : Dewi Ayu | Tanggal 2020-10-27 07:07:57

realestate

Membeli atau membangun rumah kecil sebetulnya tidak masalah, apalagi bagi yang baru mulai berkeluarga atau tinggal sendiri.
Dengan kapasitas luas yang sangat terbatas, rumah kecil bisa terlihat besar dan nyaman, asal pemiliknya mampu berinovasi dan kreatif untuk menata interior.
Berikut adalah rahasia agar rumah kecil terasa lebih luas..

1. Cat warna cerah

Ini adalah cara klasik dalam dunia arsitektur. Cat warna cerah untuk interior yang kecil dipercaya akan memberikan kesan lapang dan terang. Selain juga memberikan nuansa yang ceria dan segar bagi pemilik rumah.

Selain putih, pemilik rumah dapat mengaplikasikan warna kuning muda, hijau muda, atau bahkan biru muda untuk dinding interiornya.

2. Furnitur dinding

Daripada memakan ruang, pemilik rumah dapat mengaplikasikan furnitur yang menempel di dinding sebagai siasat untuk mengakali interior yang kecil.

Misalnya saja, daripada menghabiskan meja untuk televisi, lebih baik menggunakan televisi dengan bracket sehingga dapat ditempel di dinding.

3. Furnitur multifungsi

Jika terpaksa menggunakan rak atau lemari kecil serta meja, pilih saja yang multifungsi.

Misalnya saja meja dengan laci yang pastinya dapat digunakan sebagai meja dan laci secara bersamaan. Tentunya akan menghemat ruang ketimbang menjejalkan banyak furnitur di interior yang sempit.

4. Mengakali sofa

Jika memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, sebaiknya tata dan letakkan dengan memberi jarak sedikit dengan dinding. Berikan celah sehingga ada cahaya yang masuk dan memberikan bayangan. Bayangan tersebut menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam rumah kecil.

5. Jendela besar

Dengan Jendela yang besar pasti cahaya alami dari matahari yang masuk ke interior cukup banyak, sehingga menjadikannya terasa lebih luas, terang, dan terbuka.

Sedangkan untuk menutup jendela tersebut, gunakan tirai yang besar dan tinggi. Hal ini akan membuat langit-langit interior tampak lebih tinggi dan interior yang kecil terasa lebih luas secara vertikal.

6. Trik cermin

Pasti Anda pernah melihat toko atau rumah makan yang dikelilingi cermin? Nah, ini adalah salah satu trik untuk membuat ruang yang kecil jadi terasa lebih luas.

Trik ini juga bisa diaplikasikan pada interior rumah kecil. Tapi tidak perlu menutup semua dinding dengan cermin.

Untuk interior rumah kecil, dindingnya dapat digantungkan dua buah cermin berukuran sedang secara bersebelahan. Bingkainya pun dapat dipilih sesuai selera dan kreasi yang akan lebih mempercantik rumah.

Pantulan yang dihasilkan dari cermin tersebut memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya.

Menata serta memilih furnitur untuk interior rumah kecil memang tricky. Selain perlu berhati-hati, tentunya pemilik memang harus berinovasi dan kreatif agar rumah tidak terasa sesak.

Sumber (https://www.seva.id)